Kaget Dony Tri Pamungkas Dipanggil ke TC Timnas Senior

Foto: AFC

Pelatih Persija, Thomas Doll, mengaku tidak tahu kenapa salah satu pemain muda di Macan Kemayoran Dony Tri Pamungkas mendapat penggilan dari Timnas senior Indonesia.

Seperti diketahui Dony Tri Pamungkas ada dalam daftar 28 pemain yang dipanggil pelatih Shin Tae-yong untuk mengikuti TC persiapan pertandingan FIFA Matchday melawan Burundi pada 25 dan 28 Maret 2023.

Untuk pertama kali Dony Tri Pamungkas mendapat panggilan dari Timnas senior. Sebelumnya winger asal Boyolali ini sudah beberapa kali dipanggil mengikuti TC Timnas U20 untuk persiapan Piala Dunia FIFA U20 2023.

“Saya tidak tahu kenapa Dony dipanggil (Timnas senior) karena dia tidak selalu menjadi pemain sebelas pertama di Persija,” kata Thomas Doll dalam konferensi pers setelah pertandingan Persija melawan PSIS di Stadion Wibawa Mukti Cikarang pada Kamis (16/3/2023), dikutip dari kanal Youtube Persija.

Thomas Doll mengaku kaget karena Dony Tri Pamungkas jarang bermain sebagai starter. Faktanya, pemain kelahiran 11 Januari 2005 itu hanya satu kali menjadi pemain sebelas pertama dalam 10 penampilan bersama Persija di Liga 1 2022-2023.

Foto: AFC

Thomas Doll menyebut Dony Tri Pamungkas sebagai pemain muda berbakat. Pelatih asal Jerman itu yakin bek sayap kiri itu akan terus berkembang sehingga akan mendapat kesempatan bermain di Timnas pada saat sudah matang nanti.

“Dia memiliki talenta yang luar biasa, tetapi menurut saya dia akan lebih baik berlatih bersama kami karena dia juga masih muda dan masih memiliki banyak waktu nantinya,” ujar Thomas Doll.

Shin Tae-yong tentu memiliki dasar dalam memilih pemain ke Timnas. Selain itu Shin Tae-yong juga cukup mengenal kemampuan Dony Tri Pamungkas di Timnas U20, termasuk saat bermain tiga kali di Piala Asia AFC U20 2023 di Uzbekistan.

Yang jelas Shin Tae-yong pernah mengatakan bahwa dirinya memiliki proyek utama Piala Dunia FIFA U20. Salah satu langkah yang dia tempuh untuk mensukseskan proyek Piala Dunia adalah memberi tambahan pengalaman dan kepercayaan diri kepada pemain junior dengan mengikutkan sertakan mereka dalam latihan di Timnas senior.

Shin Tae-yong sudah melakukan itu kepada Marselino Ferdinan, Ronaldo Kwateh, dan Muhammad Ferarri.

error: Content is protected !!