Tidak Mudah Memilih 20 Pemain Timnas ke SEA Games 2023

Foto: PSSI

Pelatih Indra Sjafri mengaku sampai saat ini (16/4/2023) tim pelatih masih belum bisa menentukan 20 pemain Timnas U22 untuk SEA Games 2023 di Kamboja.

“Enggak usah kerangka tim yang 11 pemain, 20 pemain saja kami belum bisa menunjukkan hari ini, dan kita akan tunggu tanggal 18 (April). Kami akan melakukan internal game,” kata Indra Sjafri dalam konferensi pers di Stadion Utama GBK pada Minggu malam (16/4/2023).

Berbagai hal menjadi pertimbangan tim pelatih dalam menentukan siapa saja 20 pemain Timnas ke SEA Games 2023.

Sebisa mungkin pemain yang masuk skuad adalah pemain yang fasih bermain di beberapa posisi. Tujuannya agar tim pelatih bisa melakukan rotasi selama SEA Games.

“Kita butuh pemain, minimal tiga pemain yang bisa bermain di dua sampai tiga posisi. Ini yang kami lagi cari,” kata Indra Sjafri.

Kata Indra Sjafri, tim pelatih memutar otak dalam menentukan 20 pemain. Termasuk juga dalam komposisi pemain, seperti jumlah pemain per lini.

Foto; PSSI TV

“Kami memutar otak, mau membawa tiga kiper atau dua kiper. Kalau tiga kiper resikonya jumlah pemain (Lapangan) hanya 17. Jika dua kiper, kalau ada yang cedera berarti hanya punya satu (kiper),” jelas Indra Sjafri.

Tim pelatih juga melihat kondisi fisik pemain. Percuma membawa pemain yang secara fisik tidak mendukung untuk bermain di turnamen dengan jadwal lumayan ketat.

“Jadi pemain dituntut secara fisik. Makanya kami melihat fisik dalam menentukan 20 pemain,” jelas Indra Sjafri.

“Kemarin kami sudah melakukan psikotes, tes IQ, tes tentang otot dan sebagainya. Karena kalau misalnya kita membawa pemain yang ototnya tidak kuat, baru dua kali main sudah cedera hamstring, kita kehilangan satu pemain. Jadi, kami akan sedetail mungkin untuk menentukan siapa 20 pemain terbaik itu,” tutur Indra Sjafri.

“Yang penting 20 pemain itu tepat. Kalau tidak tepat ini bahaya,” kata Indra Sjafri.

error: Content is protected !!