Pemain Nomor Enam di Timnas U22

Ananda Raehan – Foto: PSSI

Dalam daftar 20 pemain Timnas Indonesia U22 untuk SEA Games 2023 hanya ada satu pemain yang memiliki posisi utama nomor enam alias gelandang bertahan.

Pemain itu adalah Ananda Raehan. Pada pertandingan pertama Timnas U22 di SEA Games 2023 melawan Filipina (29/4/2023), gelandang PSM ini mampu berperan baik sebagai penjaga keseimbangan permainan Indonesia.

Selain mematahkan serangan Filipina, Ananda Raehan juga mampu berperan sebagai pembangun serangan Timnas U22. Gol ketiga Garuda Nusantara berawal dari operan Ananda Raehan kepada Rio Fahmi yang kemudian memberi assist untuk Fajar Fathur Rahman.

Ananda Raehan mampu bermain konsisten sampai sejauh ini. Hal itu sesuai dengan harapan pelatih Indra Sjafri saat pertama kali memainkan gelandang kelahiran Makassar ini pada uji coba melawan Lebanon (14 April 2023).

“Saya beri penilaian untuk Ananda Raehan cukup memberikan keyakinan ke kami (tim pelatih). Mudah-mudahan dia bisa konsisten dalam penampilannya, dan mudah-mudahan juga dia bisa menjadi bagian dari tim SEA Games,” ujar Indra Sjafri di ruang konferensi pers Stadion Utama GBK pada 14 April 2023.

Alfeandra Dewangga – Foto: PSSI

Pertanyaannya, siapakah pemain yang akan menjadi pelapis Ananda Raehan mengingat hanya ada satu pemain spesialis nomor enam di skuad Timnas SEA Games 2023?

Dalam beberapa sesi latihan Timnas U22, baik di Jakarta maupun di The Dream Visakha Training Camp Phnom Penh Kamboja, bek tengah Alfeandra Dewangga bermain di posisi nomor enam.

Pemain milik PSIS itu juga tampil sebagai gelandang bertahan di babak kedua pertandingan uji coba melawan Lebanon pada 16 April 2023 di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta.

Pemain lain yang berpotensi main di posisi nomor enam adalah Taufany Muslihuddin. Pemain Borneo FC ini mengaku lebih ideal bermain di posisi gelandang menyerang, tetapi siap jika harus berperan lebih bertahan.

error: Content is protected !!