Perjalanan jauh bisa kembali menjadi problem untuk Timnas

Timnas Indonesia sebelum melawan Filipina di Stadion Rizal Memorial Manila (21/11/2023). Foto: Kamustimnas.com

Perjalanan jauh berpotensi mengganggu performa pemain tim nasional Indonesia pada laga berikutnya di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Sebelumnya pada pertandingan pertama dan kedua di Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026, pada 16 dan 21 November 2023 lalu, pelatih Shin Tae-yong menyebut perjalanan jauh ke Irak dan dari Irak ke Filipina sebagai salah satu faktor yang membuat Indonesia tidak bisa tampil maksimal.

“Dalam pertandingan ini kami mengalami banyak kesulitan. Kami melalui perjalanan jauh, perbedaan waktu, kelelahan, dan di sini juga menggunakan lapangan sintetis yang tidak terlalu familiar bagi kami,” kata Shin Tae-yong setelah Timnas bermain seri 1-1 melawan Filipina di Stadion Rizal Memorial Manila (21/11/2023).

Ke depan, pemain Timnas masih akan melewati perjalanan jauh sebelum membela skuad Garuda di Kualifikasi Piala Dunia 2026. Benar kita akan bermain kandang, pada 21 Maret 2024 melawan Vietnam, tapi bukankah cukup banyak pemain Timnas yang berkarir di Eropa.

Ada Marselino Ferdinan (KMSK Deinze Belgia), Sandy Walsh (KV Mechelen Belgia), Elkan Baggott (Ipswich Town Inggris), Ivar Jenner (FC Utrecht Belanda), Rafael Struick (ADO Den Haag Belanda), Shayne Pattynama (Viking FK Norwegia).

Periode FIFA Matchday pada Maret 2024 dimulai pada tanggal 18 atau tiga hari sebelum pertandingan melawan Vietnam. Karena jadwal pertandingan bersama klub, sangat mungkin pemain-pemain dari klub Eropa baru tiba di Indonesia pada 18 Maret 2024.

Pemulihan dan pemilihan pemain yang tepat untuk pertandingan kandang melawan Vietnam (21/11/2024) akan menjadi sangat penting. Terlebih lagi, setelah laga kandang, skuad Timnas akan menempuh perjalanan sekitar empat jam ke Hanoi Vietnam untuk pertandingan tandang pada 26 Maret 2024.

Indonesia saat ini berada di dasar klasemen Grup F dengan satu poin dari dua pertandingan. Irak memimpin klasemen Grup F dengan enam poin, disusul Vietnam dengan tiga poin dan Filipina satu poin. Hanya juara dan runner-up grup yang akan maju ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Beberapa waktu lalu Shin Tae-yong menargetkan Timnas lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

error: Content is protected !!