Choi Joo-young, staf baru di tim pelatih Timnas Indonesia

Choi Joo-young saat bertugas di tim nasional Vietnam. Foto: Vietnam Football Federation (vff.org.vn)

Timnas Indonesia kedatangan staf pelatih baru. Pada Sabtu (30/12/2023) media Korea Selatan, www.besteleven.com, mengabarkan Choi Joo-young bergabung dengan Shin Tae-yong.

Choi Joo-young adalah mantan ketua tim medis Federasi Sepakbola Korea Selatan (KFA). Dia menjadi salah satu staf pelatih Korsel asuhan Guus Hiddink yang berhasil melangkah sampai babak semifinal Piala Dunia 2002.

Choi Joo-young juga menjadi staf pelatih tim nasional Vietnam di bawah arahan Park Hang-seo pada 2019-2022. Di sana Choi Joo-young bertugas membantu pemulihan cedera pemain-pemain Vietnam.

Besteleven.com menulis Choi Joo-young akan berangkat pada 30 Desember 2023 ke Antalya Turki, tempat pemusatan latihan Timnas menuju Piala Asia AFC 2023.

Meski demikian Choi Joo-young tidak bekerja penuh waktu di Timnas Indonesia. Sebabnya dia saat ini menjadi direktur di Eun Seung-pyo Korea Orthopaedics dan bekerja di Korea Sports Medicine Center.

“Kami memiliki kontrak penuh dengan Korea Sports Medicine Center, sehingga kedepannya kami akan berupaya semaksimal mungkin membantu para atlet Indonesia saat mereka membutuhkannya. Meski saya sudah agak tua, tidak ada kendala dalam menjalankan tugas ini,” kata Choi Joo-young kepada Besteleven.com.

Besteleven.com kemudian menulis bahwa Choi Joo-young akan membantu Shin Tae-yong dalam mewujudkan misi lolos ke babak 16 besar Piala Asia AFC 2023 dan maju ke babak berikut Kualifikasi Piala Dunia FIFA 2026.

Ini bukan pertama kali Choi Joo-yong bekerja bersama Shin Tae-yong. Selama Piala Dunia FIFA U20 2017 di Korea Selatan, Choi Joo-young menjabat sebagai manajer medis tim nasional Korsel U20 yang dipimpin oleh Shin Tae-yong.

error: Content is protected !!