Ultras Garuda Qatar mengkoordinasikan dukungan untuk Timnas di Piala Asia

Skuad Timnas memberikan salam kepada suporter Timnas setelah pertandingan melawan Irak di Stadion Ahmad bin Ali (15/1/2024). Foto: Robertus Pudyanto/AFC

Animo warga negara Indonesia di Qatar untuk memberikan dukungan kepada Timnas Indonesia di Piala Asia AFC 2023 sangat tinggi.

Hal tersebut dapat dilihat dari sambutan terhadap Timnas ketika tiba di Doha Qatar pada 7 Januari 2024. Mereka menyambut pasukan Shin Tae-yong di bandara dan hotel tempat tim menginap.

Bukti terakhir adalah dukungan kepada Timnas di pertandingan pertama Piala Asia AFC 2023 melawan Irak (15/1/2024). Suporter Merah Putih mampu memberikan suara dukungannya di Stadion Ahmad bin Ali meski jumlahnya kalah banyak dari suporter Irak.

Kelompok suporter Ultras Garuda Qatar memiliki peran terhadap adanya dukungan tersebut. Ultras Garuda Qatar mengkoordinasikan dan memfasilitasi orang-orang Indonesia yang ingin mendukung langsung Timnas di stadion.

Menurut salah satu pendiri Ultras Garuda Qatar, Dadan Juarsa, tidak semua WNI di Qatar memiliki akses dan informasi mengenai bagaimana mendapatkan tiket pertandingan. Tidak semua WNI memiliki kartu kredit untuk membeli tiket secara online. Ultras Garuda Qatar hadir membantu mereka.

Dua pemuka Ultras Garuda Qatar, Dadan Juarsa (kiri) dan Tri Sukmono, di Mshereib Doha Qatar pada Rabu (17/1/2024). Foto: Kamustimnas.com

“Kami berdiri pada Oktober 2023,” kata Dadan Juarsa saat ditemui pewarta dari Indonesia yang meliput Piala Asia AFC 2023, di sebuah kafe di wilayah Mshereib Doha Qatar.

“Kami tidak ada kaitannya dengan Ultras Garuda yang ada di Indonesia, tetapi kami bersilaturahmi dengan mereka. Beberapa dari mereka yang berencana datang ke Qatar meminta bantuan ke kami. Begitu juga dari La Grande Indonesia,” ujar Dadan Juarsa yang tinggal dan bekerja di Qatar sejak tahun 2002.

Dadan Juarsa mengatakan bahwa saat ini Ultras Garuda Qatar memiliki lima korwil, yakni di Doha, Al Khor, Dukhan, Mesaieed, dan Al Wakrah.

Rekan Dadan Juarsa, Tri Sukmono mengatakan bahwa demi mendukung Timnas banyak WNI di Qatar yang mengatur shift kerja mereka.

Suporter Timnas sebelum pertandingan Indonesia melawan Irak di Stadion Ahmad bin Ali dalam Piala Asia AFC 2023 pada 15 Januari 2024. Foto: Kamustimnas.com

“Animo WNI di sini sangat tinggi, responnya besar dan rela menukar shift kerja agar bisa bertemu dan meminta tanda tangan Shin Tae-yong dan pemain,” kata Tri Sukmono asal Cilacap yang berada di Qatar sejak 2004.

“Saya nanti akan langsung kerja setelah pertandingan melawan Vietnam (19/1/2024), sementara istri dan anak saya kembali ke rumah,” ucap Tri Sukmono yang bekerja di Emergency Medical Service Qatar Energy.

Dadan Juarsa mengatakan bahwa Ultras Garuda Qatar tidak hanya hadir untuk Timnas Indonesia. Mereka juga hadir ketika Qatar menjalani pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Afghanistan pada November 2023. Tujuannya tentu untuk mempromosikan nama dan keberadaan Indonesia.

“Adanya Timnas menjadi kebanggaan karena selama ini kami selalu mendukung Qatar saat bermain. Kami merasa bangga dengan adanya Timnas Indonesia di Piala Asia. Jadi harus dukung dong,” kata pria asal Bandung itu.

Timnas memberikan salam kepada Ultras Garuda Qatar setelah pertandingan Piala Asia AFC 2023 melawan Irak di Stadion Ahmad bin Ali (15/1/2024). Foto: Kamustimnas.com

Dadan Juarsa mengatakan bahwa Ultras Garuda Qatar akan memberikan dukungan yang lebih baik saat Timnas U23 tampil di Piala Asia AFC U23 pada April 2024 mendatang. “Persiapannya akan lebih matang karena kami sudah tahu apa saja yang harus disiapkan,” ujar Dadan Juarsa.

Dadan Juarsa menyebutkan bahwa poster dan alat-alat yang dibawa masuk ke dalam stadion harus terlebih dahulu didaftarkan ke pihak keamanan setempat pada 10 hari sebelum pertandingan.

“Tulisan-tulisan dalam poster juga harus disebut dan dijelaskan apa maksudnya. Di sini tidak boleh ada unsur politik,” terang pekerja di bidang migas itu.

error: Content is protected !!