Komentar Dony Tri Pamungkas setelah terpilih sebagai Pemain Terbaik

Dony Tri Pamungkas menerima trofi juara Kejuaraan ASEAN U19 2024 (29/7/2024). Foto: PSSI

Kapten dan bek kiri Timnas Indonesia U19, Dony Tri Pamungkas, terpilih sebagai Pemain Terbaik Kejuaraan Remaja ASEAN U19 2024.

“Alhamdulillah, bersyukur, tapi ini juga berkat kerja keras tim juga, tanpa mereka bukan apa-apa,” kata Dony Tri Pamungkas setelah pertandingan final di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, dikutip dari media sosial ASEAN Football Federation (@aff_aseanfootball).

“Sebenarnya dari awal saya enggak ada target untuk menjadi best player, tidak menyangka tiba-tiba bisa mendapat,” ujar pemain Persija itu.

Dony Tri Pamungkas (kanan) menjelang pertandingan melawan China U20 di Stadion Madya Jakarta (25/3/2024). Foto: Kamustimnas

Sepanjang turnamen Kejuaraan Remaja ASEAN U19 yang berlangsung di Surabaya pada 17-29 Juli 2024, Dony Tri Pamungkas menjadi salah satu pemain Timnas U19 yang memperlihatkan kematangan dalam bermain.

Dony Tri Pamungkas mencetak dua assist di Kejuaraan Remaja ASEAN U19 2024. Dia bermain penuh di pertandingan semifinal melawan Malaysia dan final melawan Thailand.

Dony Tri Pamungkas menjadi motor serangan Timnas U19 dari sisi kiri melalui dribel dan umpan-umpannya. Pemain asal Boyolali ini jarang kehilangan bola saat dribel melewati lawan atau saat melepas operan. Permainannya simpel.

Pengalaman bermain yang membuat Dony Tri Pamungkas seperti itu. Dia sudah bermain untuk Persija di Liga 1 saat berusia 16 tahun 8 bulan pada September 2021. Sampai musim 2023-2024, dia sudah bermain 45 kali di Liga 1 dan mengemas tiga assist.

Dony Tri Pamungkas pada pertandingan lawan Filipina di Gelora Bung Tomo (17/7/2024). Foto: PSSI

Kemampuan Dony Tri Pamungkas juga sudah diakui pelatih Timnas senior dan U23, Shin Tae-yong. Pemain binaan Bina Taruna ini untuk pertama kali dipanggil Timnas senior pada 25 Maret 2023, tapi dia belum menjalani debut di Timnas senior.

Dony Tri Pamungkas juga menjadi bagian dari skuad Garuda Muda asuhan Shin Tae-yong yang berhasil menembus semifinal Piala Asia AFC U23 2024 di Qatar. Dia juga menjadi anak asuh Shin Tae-yong pada Piala Asia AFC U20 2023 di Uzbekistan.

“Saya banyak belajar dari pemain-pemain senior,” kata Dony Tri Pamungkas. “Ada banyak” ucapnya. Untuk di Timnas senior Dony Tri Pamungkas kemudian menyebut antara lain Fachruddin Aryanto dan Rachmat Irianto, dua pemain yang masuk skuad Timnas senior pada Maret 2023.

error: Content is protected !!