Harapan Pelatih Nova Arianto dari pemusatan latihan Timnas U17 di Spanyol

Timnas U17 sebelum melawan Swiss di Pinatar Arena (18/9/2024). Foto: X.com (@PinatarArena)

Daiam video singkat yang tayang di media sosial @timnasindonesia, pelatih Timnas Indonesia U17 Nova Arianto menyatakan harapan dari pemusatan latihan di Spanyol.

Timnas U17 mengadakan pemusatan latihan di Pinatar Arena Football Center di San Pedro del Pinatar, Murcia, Spanyol sejak 16 September 2024. Rencananya skuad Garuda Muda berada di Spanyol sampai 30 September 2024.

“Setelah persiapan di Bali dan Bogor kami selanjutnya masuk ke tahap uji coba. Kami ingin melihat bagaimana pemain menyerap dari persiapan yang sudah dilakukan, bagaimana taktikal yang nanti akan diterapkan di Kuwait (Kualifikasi Piala Asia AFC U17),” kata Nova Arianto.

“Kami di sini rencana sampai tanggal 30 September (2024) sebelum kami pindah ke Qatar dan kami ada lima kali uji coba yang akan kami lakukan selama di Spanyol,” tambah Nova Arianto.

Timnas U17 sudah memainkan dua pertandingan uji coba di Spanyol dalam ajang Pinatar U16 Super Cup. Garuda Muda kalah 0-2 dari Swiss di babak semifinal dan menang 3-0 atas Kepulauan Faroe di laga perebutan peringkat ketiga.

Faslitas lapangan sepakbola di Pinatar Arena Football Center sangat baik. TC di Spanyol ini juga menjadi pengalaman inernasional pertama bagi sebagian besar pemain. Nova Arianto berharap ini menjadi pengalaman yang bagus untuk perkembangan pemain Timnas U17.

“Pastinya sangat berpengaruh ya karena saya melihat ini menjadi hal yang pertama bagi pemain-pemain muda ini dan saya ingin melihat bagaimana mental pemain di saat mereka tampil di luar Indonesia dengan menghadapi lawan-lawan yang menurut saya secara level pasti ada di atas. Saya akan melihat mental pemain apakah sudah siap atau belum untuk tampil di Kuwait,” ujar Nova Arianto.

Setelah di Spanyol, Timnas U17 akan melanjutkan pemusatan latihan di Qatar sebelum menuju Kuwait. Grup G Kualifikasi Piala Asia AFC U17 2025 akan berlangsung di Al Ahmadi Kuwait pada 23-27 Oktober 2024.

Timnas U17 akan melawan Australia, Kuwait, dan Kepulauan Mariana Utara. Hanya 10 juara grup dan lima runner-up grup terbaik yang maju ke putaran final Piala Asia AFC U17 2025 pada 3-20 April 2025 di Arab Saudi.

error: Content is protected !!