Komentar Shin Tae-yong setelah pertandingan Timnas melawan China

Foto: PSSI

Setelah kalah 1-2 dari China dalam lanjutan Grup C Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia pada Selasa (15/10/2024), pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memberikan komentarnya dalam konferensi pers di Qingdao Youth Football Stadium.

“Pertama-tama, selamat kepada tim China untuk kemenangannya. Kedua tim, China dan Indonesia, sama-sama punya keinginan kuat untuk memenangkan pertandingan ini dan tim China memiliki keinginan yang lebih kuat untuk menang. Meskipun kami kalah, pemain kami sudah melakukan yang terbaik, kami tampil bagus, kami akan melakukan persiapan yang lebih baik agar di pertandingan berikutnya kami dapat menunjukkan performa yang lebih baik,” kata Shin Tae-yong membuka konferensi pers, seperti dikutip dari rilis PSSI.

Shin Tae-yong mengatakan bahwa dua gol China terjadi karena adanya kesalahan di kubu Timnas.

“Kedua gol itu terjadi karena kurangnya konsentrasi. Gol pertama seharusnya lebih berkonsentrasi, dan gol kedua adalah kesalahan, kesalahan dalam kontrol, kami tidak benar-benar fokus ketika kehilangan bola,” jelas Shin Tae-yong.

Perwakilan media China menyebut sebagian besar pemain Timnas bermain di Eropa, sementara pemain China bermain di liga domestik, namun katanya para pemain China mampu lebih baik dalam duel-duel melawan pemain Indonesia.

Terhadap pernyataan tersebut, Shin Tae-yong berkata: “Sejujurnya menurut saya, dalam pertandingan hari ini kami memiliki lebih banyak penguasaan bola, 70-30, dan kemudian di babak kedua kami memiliki situasi yang tidak beruntung sehingga kami tidak mencetak gol. Di pertandingan kandang, tahun depan, kami akan melakukan yang terbaik untuk menang melawan China”.

Perwakilan lain dari media China menanyakan tentang tiga pergantian pemain yang dilakukan Timnas pada jeda babak, di mana dua di antaranya adalah pemain bertahan, padahal Indonesia dalam posisi tertinggal 2-0

“Ya, dua dari tiga pergantian pemain yang kami lakukan setelah babak pertama berposisi sebagai bek. Satu bek kami ganti karena cedera engkel, satu bek lagi kami ganti karena kondisinya tidak prima,” kata Shin Tae-yong.

Timnas Indonesia akan menjamu China pada 5 Juni 2025 di Stadion Utama Gelora Bung karno Jakarta.

error: Content is protected !!