Komentar Nova Arianto setelah pemusatan latihan Timnas U17 di Qatar

Timnas U17 dalam pertandingan uji coba melawan Qatar U17. Foto: PSSI

Timnas Indonesia U17 meraih satu kemenangan dan satu hasil seri dalam dua pertandingan uji coba selama pemusatan latihan di Qatar pada 2-11 Oktober 2024.

Timnas U17 dua kali menjalani pertandingan uji coba melawan Qatar U17. Garuda Muda menang 2-1 pada pertandingan pertama (6/10/2024) dan bermain imbang 1-1 di pertandingan kedua (9/10/2024).

Saat ini skuad Timnas U17 sudah berada di Kuwait untuk tampil di Grup G Kualifikasi Piala Asia AFC U17 2025. Indonesia akan melawan Kuwait (23/10/2024), Kepulauan Mariana Utara (25/10/2024), dan Australia (27/10/2024). Sepuluh juara grup dan lima runner-up terbaik maju ke putaran final Piala Asia AFC U17 2025 di Arab Saudi pada 3-20 April 2025.

Sebelum pindah ke Kuwait, pelatih Timnas U17 Nova Arianto memberikan komentar mengenai perkembangan skuad Garuda Muda serta evaluasi dari dua pertandingan uji coba melawan Qatar U17.

“Setelah melakukan TC di Spanyol kami melanjutkan TC di Qatar. Di Qatar kami melakukan dua kali uji coba melawan Qatar dan saya melihat dalam dua uji coba ini tim berprogres sangat baik. Harapannya pemain bisa lebih percaya diri lagi sebelum kita masuk ke Kuwait karena kami mendapat banyak pelajaran selama berada di Spanyol dan Qatar. Semoga pemain bisa terus belajar, terus mengevaluasi diri agar kami bisa siap di Kuwait,” kata Nova Arianto dalam rilis PSSI.

Mengenai dua pertandingan melawan Qatar U17, Nova Arianto berkata:

“Kalau secara game taktikal sebenarnya para pemain sangat memahami apa yang saya inginkan, sangat luar biasa dari segi fokus dan konsentrasi, tetapi memang masih ada beberapa catatan yang bisa kita lihat dari dua gol kemasukan selama di Qatar adalah melalui bola mati. Seharusnya itu tidak terjadi dan itu menjadi catatan kami agar kami bisa perbaiki sehingga nanti di Kuwait tidak terjadi lagi,” jelas Nova Arianto.

Nova Arianto juga mengabarkan bahwa beberapa pemain mengalami cedera sewaktu menjalani pemusatan latihan di Spanyol (16-30 September 2024).

“Kondisinya memang saat Timnas U17 berada di Spanyol ada lima pemain yang mengalami cedera, yakni Putu Panji, Fandi Ahmad, Mierza Firjatullah, dan Matthew Baker. Saya melihat semuanya kondisinya semakin membaik dan semoga mereka di Kuwait nanti dalam kondisi yang bugar dan siap untuk bermain,” kata Nova Arianto.

Cedera yang diderita I Putu Panji dan Matthew Baker memaksa Nova Arianto melakukan perubahan posisi ke pemain. Gelandang Algazani Dwi Sugandi bermain sebagai bek tengah dalam pertandingan uji coba di Spanyol dan Qatar.

error: Content is protected !!